Senin, 18 Januari 2016

Asal Usul Desa Tunggorono


Perbatasan Desa Tunggorono dan Desa Cangkring-Ngrandu



Versi 1
            Dahulu kala ada seorang manusia yang dikutuk oleh ibunya yang kepalanya menyerupai kebo (kerbau) yang bernama kebo kicak. kebo kicak tinggalnya disebuah desa yang sekarang menjadi kota Jombang. Dulu kebo kicak adalah tokoh dari beberapa desa di daerah Jombang. Pada suatu hari sang kebo kicak setelah berpetualang istirahat dipohon beringin setelah beristirahat kebo kicak melanjutkan perjalannya kembali. Setelah kebo kicak berperang dan beristirahat didesa Tunggorono yaitu gapuro keraton Kerajaan Majapahit sebelah Barat.
            Setelah berperang dan sikebo kicak itu beristirahat didesa Tunggorono tersebut. Lalu kebo kicak itu sakit disebelah baratnya sawah waktu meninggalnya kebo kicak itu hari jum’at pahing (dalam tangalan jawa). Kebo kicak waktu meninggal dikutuk menjadi batu karena sudah durhaka kepada ibunya pada saat hidup tadi. Setelah kebo kicak meninggal warga setempat pada hari jum’at pahing harus syukuran ditempat yang sudah dibuat kebo kicak meninggal itu tadi.
            Setelah itu para petani diwajibkan agar tidak menggembala kesawah dan mengikuti acara syukuran tersebut. Jika tidak diadakan syukuran gembala para petani setempat akan meninggal. Jika para petani menggembala pada hari jum’at pahing binatang gembalaanya akan dikutuk kebo kicak menjadi batu juga. Syukuran diadakan ditempat yang watu jum’at pahing tersebut yang dikutuk menjadi batu.
            Yang syukuran adalah orang-orang rojo-rojo koyo (orang kaya yang mempunyai gembala banyak seperti kerbau, sapi dan kambing dan diambil hasilnya lalu dirawat seperti raja). Watu jum’at pahing adalah batu besar yang menyerupai kerbau dan bentuknya lempeng dahulu disekitarnya ada pepohonan nama pohon yang disekitarnya adalah pohon doro dibawah pohon doro itu watu jum’at pahing. Tetapi pohon doronya sudah punah dan sekarang disekelilingnya hanya terdapat pohon jati saja. 


Versi 2
            Disebuah desa perbatasan antara desa Tunggorono dan desa Cangkring-Ngrandu ada sebuah batu yang didalam bahasa jawa disebutnya Watu jum’at pahing. Batu itu adalah hasil kutukan awalnya batu itu adalah seorang manusia yang kepalanya menyerupai kerbau. Namanya adalah kebo kicak. Suatu hari sikebo kicak itu sakit dan meninggal didaerah perbatasan antara Desa Tunggorono dan Desa Cangkring Ngrandu tepatnya disebelah barat desa Tunggorono.
            Setelah sikebo kicak itu meninggal para petani mengadakan syukuran ditempat kejadian kebo kicak meninggal itu, tetapi para petani yang kaya saja yang mengadakan syukuran agar tujuannya beramal juga. Karena para petani yang mengadakan syukuran itu adalah orang-orang yang kaya dan mempunyai banyak gembala banyak seperti kerbau, sapi dan kambing.
            Setelah diadakan syukuran para petani yang mempunyai gembala dilarang pergi kesawah untuk mengembala hewan-hewannya tersebut karena dapat menyebabkan hewan gembalaannya mati dan dikutuk menjadi batu. Watu jum’at pahing bentuknya besar menyerupai kerbau dan ditengahnya terdapat gundukan dan disekelilingnya terdapat pohon tembersi yang besar-besar sehingga dapat untuk berteduh para pengembala yang sedang menggembala hewan-hewannya pada saat disawah. Sampai saat ini watu jum’at pahing itu ada dan biasanya dimanfaatnya oleh warga setempat untuk memuja dewa dahyang dan berdoa sesuai keinginan meraka agar terkabul.

Nama objek
Versi 1             :Bapak Mustar
Versi 2             :Ibu Sarmi

Transkrip wawancara bersama Bapak Mustar narasumber Legenda Watu Jum’at Pahing perbatasan Desa Tunggorono dan Desa Cangkring Ngrandu
Devi                            :pak tar yok nopo ceritane watu jum’at pahimg niku ?
Bapak mustar           :pas biyen enek kebo seng jenege kebo kicak, lah kebo iku gereng nang kulone sawah iku pas dino.e jum’at pahing
Devi                            :teros ceritane lebih lanjute yok nopo ?
Bapak Mustar              :yow terus wong tanie nyelamati ben jum’at pahing. Slametan nang kunu. Wong tani iku gak oleh gawe utowo nyigkal pas dino jum’at pahing. Pas dino jum’at pahing wong tanie podo prei gak budal nang sawah tapi slametan nang kunu gawe nyalemeti kebu iku mau disabdo dadi watu
Devi                            :oww, kebone niku dadi watu
Bapak Mustar              :he’eeh. Lah nek awakmu mekso-mekso awakmu gawe dino jum’at pahing kebomu deru dadi watu. Disabdo dadi watu
Devi                            :oww berarti seng angon-angon seng nduwe koyok kebo tha sapi tha wedhos dadi watu ngoten ?
Bapak Mustar              :iyow nek gawene pas jum’at pahing. Crito iki. Critane iku nggunu..
Devi                            :nggeh,nggeh, nggeh mboten nopo- nopo...terus....
Bapak Mustar              :yow wes, yow ngunu critane ngunu. Cerito singkatae ngunu iku
Devi                            :ngoten...
Bapak Mustar              :dadi pas dino jum’at pahing slametan nag kunu seng nduwe rojo-rojo koyo.
Devi                            :rojo koyo niku seng yok nopo ?
Bapak Mustar              :rojo koyo iku yoe seng duwe ingon-ingon koyok seng duwe sapi, kebo, wedhos iku. Jenenge rojo koyo. Seng duwe kewan ingon-ingon iku jenege rojo koyo. Dadi rojo koyo iku kewan seng dipek koyoe dadi diramot koyok rojo. Jane yow dipakani, diguyang yow wes. Yow wes ngunuku wes critane ngunuku. Iku critane wong biyen.
Devi                            :ngoten ?
Bapak mustar              :iyow.. deso cagkring ngrandu
Devi                            :nopo ?panggone niku ?
Bapak mustar              :panggone nang deso cangkring ngerandu
Devi                            :nopo, bentuke watune niku koyok nopo ?
Bapak Mustar              :yow koyok kebo ngunuku gawedhi
Devi                            :guwedhi, maksude guwedhi wongkol tha lempeng ?
Bapak Mustar              :yow lempeng, tengahe wongkol ngunuku
Devi                            :teng sekitare watune niku wonten nopo ae ?
Bapak Mustar              :biyen onok wite kayu doro..
Devi                            :kayu doro niku yok nopo ?
Bapak Mustar              :yow pokoke kayu doro. Nisore watu ono kayu doro. Sak iki wet doro.e mati garek watue tok. Sekitare sak iki wet kayu jati. Jati - jati
Devi                            :eemmm. Mboten trembersi ?
Bapak Mustar              :gak
Devi                            :ngoten tok pak tar ?
Bapak Mustar              :he’em.




 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar