Perbatasan Desa Tunggorono dan Desa Cangkring-Ngrandu
Versi 1
Dahulu
kala ada seorang manusia yang dikutuk oleh ibunya yang kepalanya menyerupai
kebo (kerbau) yang bernama kebo kicak. kebo kicak tinggalnya disebuah desa yang
sekarang menjadi kota Jombang. Dulu kebo kicak adalah tokoh dari beberapa desa
di daerah Jombang. Pada suatu hari sang kebo kicak setelah berpetualang
istirahat dipohon beringin setelah beristirahat kebo kicak melanjutkan
perjalannya kembali. Setelah kebo kicak berperang dan beristirahat didesa
Tunggorono yaitu gapuro keraton Kerajaan Majapahit sebelah Barat.
Setelah
berperang dan sikebo kicak itu beristirahat didesa Tunggorono tersebut. Lalu
kebo kicak itu sakit disebelah baratnya sawah waktu meninggalnya kebo kicak itu
hari jum’at pahing (dalam tangalan jawa). Kebo kicak waktu meninggal dikutuk
menjadi batu karena sudah durhaka kepada ibunya pada saat hidup tadi. Setelah
kebo kicak meninggal warga setempat pada hari jum’at pahing harus syukuran
ditempat yang sudah dibuat kebo kicak meninggal itu tadi.
Setelah
itu para petani diwajibkan agar tidak menggembala kesawah dan mengikuti acara
syukuran tersebut. Jika tidak diadakan syukuran gembala para petani setempat
akan meninggal. Jika para petani menggembala pada hari jum’at pahing binatang
gembalaanya akan dikutuk kebo kicak menjadi batu juga. Syukuran diadakan
ditempat yang watu jum’at pahing tersebut yang dikutuk menjadi batu.
Yang
syukuran adalah orang-orang rojo-rojo
koyo (orang kaya yang mempunyai gembala banyak seperti kerbau, sapi dan
kambing dan diambil hasilnya lalu dirawat seperti raja). Watu jum’at pahing
adalah batu besar yang menyerupai kerbau dan bentuknya lempeng dahulu disekitarnya
ada pepohonan nama pohon yang disekitarnya adalah pohon doro dibawah pohon doro
itu watu jum’at pahing. Tetapi pohon doronya sudah punah dan sekarang
disekelilingnya hanya terdapat pohon jati saja.
Versi 2
Disebuah
desa perbatasan antara desa Tunggorono dan desa Cangkring-Ngrandu ada sebuah
batu yang didalam bahasa jawa disebutnya Watu jum’at pahing. Batu itu adalah
hasil kutukan awalnya batu itu adalah seorang manusia yang kepalanya menyerupai
kerbau. Namanya adalah kebo kicak. Suatu hari sikebo kicak itu sakit dan
meninggal didaerah perbatasan antara Desa Tunggorono dan Desa Cangkring Ngrandu
tepatnya disebelah barat desa Tunggorono.
Setelah
sikebo kicak itu meninggal para petani mengadakan syukuran ditempat kejadian
kebo kicak meninggal itu, tetapi para petani yang kaya saja yang mengadakan
syukuran agar tujuannya beramal juga. Karena para petani yang mengadakan
syukuran itu adalah orang-orang yang kaya dan mempunyai banyak gembala banyak
seperti kerbau, sapi dan kambing.
Setelah
diadakan syukuran para petani yang mempunyai gembala dilarang pergi kesawah
untuk mengembala hewan-hewannya tersebut karena dapat menyebabkan hewan
gembalaannya mati dan dikutuk menjadi batu. Watu jum’at pahing bentuknya besar
menyerupai kerbau dan ditengahnya terdapat gundukan dan disekelilingnya
terdapat pohon tembersi yang besar-besar sehingga dapat untuk berteduh para
pengembala yang sedang menggembala hewan-hewannya pada saat disawah. Sampai
saat ini watu jum’at pahing itu ada dan biasanya dimanfaatnya oleh warga
setempat untuk memuja dewa dahyang dan berdoa sesuai keinginan meraka agar
terkabul.
Nama
objek
Versi
1 :Bapak Mustar
Versi
2 :Ibu Sarmi
Transkrip wawancara
bersama Bapak Mustar narasumber Legenda Watu Jum’at Pahing perbatasan Desa
Tunggorono dan Desa Cangkring Ngrandu
Devi :pak tar yok nopo
ceritane watu jum’at pahimg niku ?
Bapak
mustar :pas biyen enek kebo
seng jenege kebo kicak, lah kebo iku gereng nang kulone sawah iku pas dino.e
jum’at pahing
Devi
:teros ceritane
lebih lanjute yok nopo ?
Bapak
Mustar :yow terus wong tanie
nyelamati ben jum’at pahing. Slametan nang kunu. Wong tani iku gak oleh gawe
utowo nyigkal pas dino jum’at pahing. Pas dino jum’at pahing wong tanie podo
prei gak budal nang sawah tapi slametan nang kunu gawe nyalemeti kebu iku mau
disabdo dadi watu
Devi
:oww, kebone
niku dadi watu
Bapak
Mustar :he’eeh. Lah nek
awakmu mekso-mekso awakmu gawe dino jum’at pahing kebomu deru dadi watu.
Disabdo dadi watu
Devi
:oww berarti
seng angon-angon seng nduwe koyok kebo tha sapi tha wedhos dadi watu ngoten ?
Bapak
Mustar :iyow nek gawene pas
jum’at pahing. Crito iki. Critane iku nggunu..
Devi
:nggeh,nggeh,
nggeh mboten nopo- nopo...terus....
Bapak
Mustar :yow wes, yow ngunu
critane ngunu. Cerito singkatae ngunu iku
Devi
:ngoten...
Bapak
Mustar :dadi pas dino jum’at
pahing slametan nag kunu seng nduwe rojo-rojo koyo.
Devi
:rojo koyo niku
seng yok nopo ?
Bapak
Mustar :rojo koyo iku yoe
seng duwe ingon-ingon koyok seng duwe sapi, kebo, wedhos iku. Jenenge rojo
koyo. Seng duwe kewan ingon-ingon iku jenege rojo koyo. Dadi rojo koyo iku
kewan seng dipek koyoe dadi diramot koyok rojo. Jane yow dipakani, diguyang yow
wes. Yow wes ngunuku wes critane ngunuku. Iku critane wong biyen.
Devi
:ngoten ?
Bapak
mustar :iyow.. deso cagkring
ngrandu
Devi
:nopo ?panggone
niku ?
Bapak
mustar :panggone nang deso cangkring
ngerandu
Devi
:nopo, bentuke
watune niku koyok nopo ?
Bapak
Mustar :yow koyok kebo
ngunuku gawedhi
Devi
:guwedhi,
maksude guwedhi wongkol tha lempeng ?
Bapak
Mustar :yow lempeng, tengahe
wongkol ngunuku
Devi
:teng sekitare
watune niku wonten nopo ae ?
Bapak
Mustar :biyen onok wite kayu
doro..
Devi
:kayu doro niku
yok nopo ?
Bapak
Mustar :yow pokoke kayu doro.
Nisore watu ono kayu doro. Sak iki wet doro.e mati garek watue tok. Sekitare
sak iki wet kayu jati. Jati - jati
Devi
:eemmm. Mboten
trembersi ?
Bapak
Mustar :gak
Devi
:ngoten tok pak
tar ?
Bapak
Mustar :he’em.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar